Lenting Kaki Ada Waktu Gunakan Sepatu? Ini yang Harus Dilaksanakan untuk Menanganinya

by - 23.43



Orang yang hoby lari tentu sempat merasai kakinya lecet karena munculnya lenting kaki waktu lari gunakan sepatu. Lenting atau lepuh ini membuat kaki jadi berasa perih bila bersinggungan dengan sepatu. Lalu, bagaimana mengatasi serta menghindarinya supaya tidak mengganggu? jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Apa pemicu munculnya lenting kaki?
Lepuh atau lenting kaki umumnya dikarenakan oleh gesekan, umumnya di antara kulit serta kaus kaki. Situasi lembab yang tinggi waktu menggunakan sepatu sebab seringkali berkeringat membuat kulit bertambah lembut.

Ini yang selanjutnya membuat kulit rawan alami lecet serta ada lenting. Kenakan sepatu lari yang begitu kecil atau diikat begitu kencang dapat juga membuat lenting kaki semakin gampang berlangsung.


Kemungkinan Anda sempat mendapatkan kaki Anda lecet sesudah menggunakan sepatu, sebelum jadi lecet, umumnya kaki alami lenting. Ini ibarat gelembung kulit yang dipenuhi cairan. Gelembung ini dapat ada dimanapun di kaki Anda.


Lenting kaki di telapak (Sumber: Blisterprevention.com.au)
Umum berlangsung di wilayah yang terbanyak bersinggungan seperti jari kaki, tumit, serta dan telapak kaki sisi depan. Beberapa gelembung ini ada yang tidak ngilu, tetapi sebagian orang ada yang merasai ngilu, serta sampai harus stop lari sebab sakit. Terkadang ada pula orang yang saat mengecek kaki, baru mengetahui ada lecet karena gesekan sepatu.

Bagaimanakah cara menyembuhkan lenting kaki?
Pilihan pertama dalam menyembuhkan lenting kaki ialah biarkan kaki terbuka serta ‘bernapas' hirup udara bebas. Umumnya, pertama kali kulit akan pecah sendirinya serta cairan didalamnya akan keluar.

Ini ialah langkah yang sangat aman untuk mengatasi lepuhan terlebih bila gelembung ini memiliki ukuran sebesar kacang polong. Lenting kaki sebesar ini biasanya akan pulih dalam beberapa waktu. Setelah itu, janganlah lupa untuk selalu menjaga kebersihan kaki Anda. Membersihkan kaki dengan sabun serta air. Selanjutnya membersihkan dengan alkohol.

Tetapi bila Anda memang seharusnya masih lari, tutup lepuhan itu dengan perban untuk memberi perlindungan semakin serta agar tidak bersinggungan langsung dengan kaus kaki serta sepatu. Tukar perban Anda tiap hari serta tetap check kaki Anda adakah sinyal infeksi atau mungkin tidak, seperti kemerahan, bengkak serta keluar nanah di kaki.

Bila Anda ingin merusak lentingan di kaki, seharusnya Anda memikir lagi. Lakukan hal itu tanpa ada pemantauan dokter bisa memunculkan infeksi.

Bila lepuhan sudah pecah, pencet perlahan-lahan dengan kapas alkohol dengan cara perlahan-lahan untuk keringkan cairan.

Bagaimanakah cara menahan lenting kaki tercipta?
sepatu olahraga untuk osteoartitis lutut
1. Pilih ukuran sepatu yang cocok
Pilih ukuran sepatu yang cocok serta nyaman saat Anda pakai untuk lari. Minimal untuk sepatu lari pilih ukuran yang 1/2 semakin besar, sebab Anda harus memberi ruangan sedikit semakin besar di ruang jari. Begitu juga saat mengikat sepatu. Jangan begitu kencang tetapi jangan begitu longgar sampai kaki Anda dalam sepatu kebanyakan pergerakan.

2. Pilih kaus kaki yang direncanakan spesial untuk lari
Cari kaos kaki yang dibuat dari serat sintetis (bukan katun). Serat ini menghisap kelembapan dari kaki Anda. Kaos kaki spesial lari mempunyai bentuk yang cocok dengan kaki hingga menahan kaos kaki terlipat serta mengakibatkan lecet.

Disamping itu, coba pakai kaos kaki dengan permukaan yang halus serta tanpa ada jahitan. Beberapa pelari ada yang memakai kaos kaki dua lapis untuk menahan terciptanya lepuhan.

3. Beri pelembap pada kaki
Pakai losion untuk jaga kelembapan kaki. Anda dapat juga memoleskan pelumas seperti petroleum jelly pada ruang yang seringkali memiliki masalah. Oleskan seperlunya jangan kebanyakan.

Jika kebanyakan malah akan membuat kaki makin licin serta bergerak bersinggungan. Petroleum jelly seringkali dipakai oleh beberapa olahragawan lari untuk jaga kakinya waktu lari

4. Buat kaki tetap bersih serta kering
Seharusnya bersihkan bersih kaki Anda dengan sabun, lalu keringkan kaki serta pakai bedak jika memang perlu sebelum Anda menggunakan sepatu. Bedak atau serta dengan tepung jagung yang umum Anda pakai di dapur dapat jaga kaki semakin kering semasa memakai sepatu.

You May Also Like

0 komentar