DATA DAN MANFAAT YANG DIPEROLEH JIKA SURVEI SENDIRI

by - 18.43

Ilustrasi Kotak suara KPU. ANTARA News/Ridwan Triatmodjo

caleg kota bekasi - Hasil survey bisa berbentuk data yang memvisualisasikan tingkatan semasing rumor yang diukur. Data yang diberikan dalam survey pemilih mendekati pemilu ialah data-data seperti di bawah ini ;

Data prosentase jumlahnya pemilih berdasarkan rentang umur (contohnya pemilih pemula, pemilih umur produktif, pemilih tua),

  1. Data prosentase suku-suku, 
  2. Data prosentase jumlahnya pemeluk tiap-tiap agama, 
  3. Data tingkat pendidikan, 
  4. Data tingkat pendapatan, 
  5. Data prosentase pekerjaan, 
  6. Data tingkat popularitas tiap-tiap calon, 
  7. Data tingkat disenangi oleh pemilih pada calon, 
  8. Data kesempatan keterpilihan tiap-tiap calon (kepopulerannya). 
  9. Data gossip yang tengah berkembang dimasyarakat, 
  10. Data tingkat keinginan penduduk, 
  11. Data mengenai pendapat penduduk pada pemerintahan saat ini, 
  12. Data kemampuan tiap-tiap calon per-wilayah spesifik (contohnya zone/ dapil), 
  13. Data berkaitan kebutuhan kampanye (contohnya mass media apakah yang sangat populer diwilayah itu), dan lain-lain sesuai dengan kebutuhanmu. 

MANFAAT BUATMU JIKA MENJADI AHLI SURVEI PEMILIH

Pakar survey pemilih… Yeah, tidak semuluk itu ikut sich janjinya e book ini. Maksudku e book ini akan meningkatkan info pembaca seperti dirimu berkaitan masalah survey pemilih disetiap mendekati penerapan pemilu pemilihan kepala daerah atau pileg tahun mendatang.

Ketrampilan survey dalam arena pemilu sekarang ini baik itu di pemilihan kepala daerah ataupun pileg bisa menjadi sensasi sendiri. Bahkan juga banyak orang yang jadikan ketrampilan ini menjadi pekerjaan penting. Pengetahuan survey pemilih selalu berkembang, keperluan info hasil dari survey tetap dinanti-nantikan bahkan juga bisa jadikan referensi dalam pemungutan ketetapan politis.

Lihat berita di beberapa alat, sangat banyak politisi menjelaskan kami masih tetap menanti hasil survey untuk memastikan calon kami. Atau ada berita yang menjelaskan parpol spesifik mengambil keputusan calonnya berdasar pada hasil survey.

Ini berarti begitu hasil survey ini begitu memastikan kebijaksanaan dalam sistem penentuan politik kita sekarang ini. Hasil survey yang condong bisa diakui serta bisa dipakai ialah hasil survey dari instansi survey yang sudah mempunyai brand image menjadi instansi survey yang terpercaya serta bertaraf nasional.

Walau sebenarnya arti brand instansi survey serta taraf hanya langkah pandang sesorang saja, atau mungkin dengan kata lainnya siapa saja ya taraf nasional sekaligus juga taraf local bahkan juga ya taraf internasional ikut kan. Saat kita saling berpedoman ilmu dan pengetahuan jadi taraf semacam ini tidak berkaitan kembali untuk didiskusikan.

Kerjakan saja surveimu sendiri dengan ilmiah, jangan sampai pedulikan penilaian subjective dari beberapa orang yang tuturnya pakar itu. Sebab se-ahli apa pun seorang dalam survey pemilih tetap harus data rilnya dari lapangan yang disatukan oleh beberapa surveyor lapangan itu.

Salah dilapangan juga bakal berefek pada kekeliruan data akhir yang diberikan. Semua proses survey sebenarnya sama-sama berkaitan pada step yang satu serta step yang lain.

Jago dalam analisa data belumlah pasti jago interviu dilapangan. Begitupun demikian sebaliknya pakar metodologi belumlah pasti pakar dalam meramalkan/ insting data. Karena itu proses survey ini ialah proses yang kerja sama sama-sama isi keduanya.

You May Also Like

0 komentar